Minggu, 02 Juni 2013

TOPIK 3 :Paradigma Interaksi, Prinsip- prinsip Pendukung Interaksi, Siklus Perkembangan Software(Kel. 2)



Paradigma Interaksi
Paradigma Yaitu sistem interaksi yang berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tersebut.
Prinsip Yaitu interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan seperti psikologi, komputasi dan sosiologi, yang mengarahkan pada peningkatan desain, dan evolusi produk yang pada akhirnya akan meningkatkan daya guna sistem tersebut. 
JENIS PARADIGMA
1.       Time Sharing
·         Satu komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh)
multiple user
·         Meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem
2.        Video Display Units (VDU)
·         Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama
dalam representasi yang berbeda
·         Mampu memvisualisasikan abstraksi data
3.       Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
·         Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer
meningkatkan produktivitasnya
4.       Komputer Pribadi (Personal Computing)
·         Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user
tunggal.
5.       Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and
Pointers)
·         Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi
dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda

6.       Metapora (Metaphor)
·         Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep
baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya.
·         Contoh metapora (dalam domain PC):
·          Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan
Financial Modelling. Keyboard adalah metapora dari Mesin Tik
7.       Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
·         Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah
keadaan internal sistem dengan cepat.
·         Contoh Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see
is what you get)

8.       Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)
·         Bahasa digunakan oleh user untuk berkomu-nikasi dengan
interface
·         Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user
9.       Hypertext
·         Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak
mendukung pengaksesan infor-masi secara random dan browsing
asosiatif.
·          Hypertext merupakan metode penyimpanan informasi dalam format
non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara nonlinear
atau random.
10.   Multi-Modality
·         Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada
penggunaan beberapa (multiple) saluan (channel) komunikasi pada
manusia
·          Contoh channel komunikasi pada manusia : visual (mata), haptic
atau peraba (kulit), audio (telinga).
11.   Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)
·         Perkembangan jaringan komputer memung-kinkan komunikasi
antara beberapa mesin (personal komputer) yang terpisah dalam
satu kesatuan grup.
·         Sistem CSCW dirancang untuk memungkin-kan interaksi antar
manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu
produk.
·         Contoh CSCW: e-mail (electronic


Tahap Pengembangan Software ( Siklus Hidup Software )

·         Requirements Analysis ( Analisa Kebutuhan )
Tahap ini menganalisa masalah dan kebutuhan yang harus diselesaikan dengan sistem komputer yang akan dibuat. Tahap ini berakhir dengan pembuatan laporan kelayakan yang mengidentifikasi kebutuhan sistem yang baru dan merekomendasikan apakah kebutuhan atau masalah tersebut dapat diselesaikan dengsn sistem komputer yang ada.
·         System and Software Design ( Prencanaan Sistem dan Software )
Tahap ini melakukan rancangan design sistem. Tahap ini memberikan rincian kinerja program dan interaksi antara user dengan program tersebut.
·         Implementation ( Implementasi )
Tahap ini adalah spesifikasi design yang telah dibuat untuk diterjemahkan de dalam program / instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman.
·         System Testing ( Pengujian Sistem )
Tahap ini semua program digabungkan dan diuji sebagai satu sistem yang lengkap untuk menjamin sumua berkerja dan memenuhi kebutuhan penanganan masalah yang dihadapi.
·         Operation and Maintenance ( Pengoperasian dan Pemeliharaan )
Tahap ini merupakan pengaplikasian program yang telah dibuat untuk digunakan secara utuh dan masalah baru yang muncul sebagai bahan masukan untuk memperbaiki sistem program yang baru.

NAMA KELOMPOK :

Dennis Oktavianus  672011008
Stefanus Yerian 672011013
Eric Octavianus 672011004
Wimpie 672011102
Agung 672011211

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar