Rabu, 15 Mei 2013

TOPIK 1 : MANUSIA & KOMPUTER (Kelompok 1)


Interaksi Manusia Komputer

Jalur Input Pada Manusia :

Jalur input pada manusia biasanya terjadi pada alat indera manusia seperti mata, telinga kulit, hidung.

1. Pandangan
            Ada 2 tahap dalam pandangan
-         Penerimaan fisik dari suatu stimulus
-         Pengolahan dan ineterpretasi dari stiumulus.
Media : Mata
Proses terjadinya input penglihatan: Mata adalah sebuah media untuk menerima cahaya dan diubah menjadi energi listrik yang nantinya dikirim ke otak oleh receptor yang fungsinya mengubah cahaya menjadi gelombang listrik. Cahaya tadi direfleksikan terlebih dahulu dari sebuah obyek dan kemudian di pusatkan dibelakang mata secara terbalik.


Komponen Penting Pada Mata :
1.   Kornea Mata
2.   Lensa
Kedua komponen tersebuta ada di depan mata yang berguna untuk memfokuskan obyek kebagian mata bagian belakang.
3.   Retina
Komponen ini sangat sensitif terhadap cahaya dan memiliki 2 jenis photoreceptor:
-    Rod : Sensitif terhadap cahaya dan memungkinkan kita dapat meliha dengat tingkat iluminasi  yang rendah tapi tidak dapat menganalisis obyek yang sangat detail.
-    Cone :  Tidak terlalu sensitif terhadap cahaya. Ada 3 jenis  Cone yang masing masing memiliki tingkat kesensifitasan yang berbeda terhadap panjang gelombang sehingga memungkinkan manusia mengenal warna. Mata manusia memiliki kurang lebih 6 juta cone yang terkonsentrasi ke sebagian kecil daerah retina yang disebut fovea.
Retina juga terdiri dari photoreceptor  dan sel syaraf yang disebut Ganglion cells.
Ganglion cells  ada 2 jenis :
-     X cells yang terkonsentrasi di fovea (untu pengenalan pola)
-     Y cells yang tersebar di retina (untuk proses pengenalan gerakan)

Informasi yang diterima oleh alat indera mata tidak sepenuhnya diterima begitu saja tapi juga akan disaring dan diproses ke elemen pemrosesan agar manusia dapat melihat denga jelas terhadap sebuah obyek.
Terdapat beberapa tahapan pemrosesan yaitu :
-         Tahapan terhadap ukuran dan tinggi
-         Tahapan terhadap cahaya
-         Tahapan terhadap warna

2. Pendengaran
Melalui pendengaran sebenarnya memiliki kapasitas yang sangat besar untuk mengumpulkan inforamasi mengenai lingkungan sekitar.
Media : Telinga
Proses Pendengaran :
  Diawali dengan adanya getaran di udara. Getaran ini diterima dan dikirim ke sistem syaraf auditori melalui       berbagai tahap. Telinga ini trdapat 3 bagian :
-         Bagian luar
-         Bagian tengah
-         Bagian dalam
Bagian luar terdiri dari 2 bagian :
-         Pinna (bagian yang melekat pada kepala)
-         Auditori kanal (mentransfer gelombang suara ke bagian tengah)
Fungsi dari bagian luar untuk melindungi bagian tengah dan bagian dalam terhadap kerusakan,kotoran, dll. Dan juga memperkuat gelombang suara.
Bagian tengah terdapat osikles, tympanic (gendang telinga).
Bagian dalam terdapat koklea.


3.   Peraba
Media : kulit
Proses : manusia menerima rangsang peraba melalui kulit. Kulit dapat merasakan panas, dingin, gesekan, dan rasa sakit. Informasi yang diterima oleh kulit/ indra peraba disampaikan ke otak untuk di proses dan mengeluarkan output berupa aksi / reflek.

II. Memori manusia
segala aktifitas manusia bergantung pada memori. Dimana berguna untuk menyimpan informasi yang kita terima dari indera. Menyimpan pengetahuan prosedural dan pengalaman masa lalu.
Jenis – jenis memori pada manusia :
a.  memori sensor
berguna sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari panca indera

b. memori jangka pendek
memori kerja yang menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu singkat atau sementara.
Memori ini dapat diakses dengan cepat tapi dapat berkurang secara cepat dan memiliki kapasitas yang terbatas.

c. memori jangka panjang
merupakan sumberdaya penyimpanan utama yang menyimpan informasi faktual , aturan – aturan prosedur tingkah laku,dsb (semua hal yang kita ketahui).
Memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding memori jangka pendek, waktu akses lebih lambat tapi proses hilangnya juga lebih lambat.


Ada 3 pemrosesan memori jangkan panjang :
1. mengingat / menyimpan informasi
2. menghilangkan atau melupakan informasi
Ada 2 bentuk proses melupakan informasi
- decay : melupakan informasi tersebut karena sudah lama
- interference : adanya informasi baru yang dapat mengakibatkan informasi lama hilang.
3. memanggil kembali informasi
Proses pemanggilan kembali informasi ada 2 :
-         Recall : prmanggilan secara langsung
-         Recognition : pemanggilan berdasarkan pengetahuan yang dijadikan sebagai petunjuk.


III. Proses berpikir : penalaran & penyelesaian masalah
Berfikir dibagi menjadi 2 :
-         Penalaran
Proses pengambila kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia.
Cara penalaran :
1. deduktif : menarik kesimpulan secaral logika dari premis yang diberikan

2. induktif : membuat umum suatu hal dari kasus – kasus yang pernah kita lihat untuk ditarik kesimpulanya mengenai sesuatu yang belum pernah kita lihat atau alami.

3. abduktif
Melakukan penalaran dari sebuah fakta ke sebuah aksi (untuk menjelaskan kejadian yang kita amati )


-     Penyelesaian masalah
Merupakan proses menemukan solusi suatu tugas dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki.

Beberapa pandangan mengenai cara manusia menyelesaikan masalah:
1. gestalt theory
Proses pemecahan masalah merupakan usaha produktif( melibatkan proses mental & restrukturisasi masalah) dan reproduktif (berkaitan dengan perilaku).
                  2. problem space theory
Terdiri dari problem state dan proses penyelesaian masalah   melibatkan pengaktifan problem state tersebut menggunakan operator.
                  3. analogi inproblem solving
                         Menggunakan pendekatan secara analogi.

IV. Psikologi & Desain sistem interaktif
Agar dapat mengaplikaskan aspek psikologi, dan memberikan hasil yang baik maka kita perlu memiliki pemahaman dalam bidang psikologi, detil dari eksperimen, pengukuran yang digunakan dan subjek yang terlibat. Lebih bagusnya lagi semuanya itu telah dibentuk menjadi sebuah panduan, model untuk membantu perancangan serta teknik evaluasi.

V. Peralatan input output pada komputer
Ada 2 cara dalam memasukkan informasi :
1. Batch data entri
Digunakan jika data yang akan dimasukkan kedalam sistem berjumlah besar dan memiliki format yang sudah terdefinisi dengan baik.
Melibatkan sedikit interaksi dengan mesin


2. Interaktif data entri
Dilakukan oleh user didepan layar dan pada saat sistem meminta user untuk memasukkan data tertentu.

a. Peralatan pemasukan teks :
-         Keyboard
-         Handwritting recognition
-         Speech recognition
b. Peralatan positioning dan pointing :
-         Mouse
-         Trackball
-         Joystick
-         Touch screen
-         Light pen
-         Digitizing tablet
-         Thumb wheels
-         Cursor keys
-         Key mouse
-         Foot mouse
-         Isopoint
c. Peralatan output :
-         Cathode ray tube (CRT)
-         Liquid crystal display (LCD)
-         Light emiting diode (LED)
-         Plasma
d. Peralatan pencetakan :
-         Printer inkjet
-         Printer thermal
-         Printer laser

e. Scanner dan optical character recognition

VI. Memori jangka pendek
Memori komputer pada level yang paling rendah adalah register, informasi yang sedang aktif disimpan dalam RAM. RAM dibedakan berdasarkan waktu akses penggunaan energi dan karakteristiknya. Bersifat volatile.

VII. Memori jangka panjang
Memori jangka panjang terdiri dari disc dan tape untuk backup terdapat 2 jenis teknologi utama yang digunakan dalam disc :
-         Magnetic disk
-         Optical disk
Menggunakan sinar laser untuk membaca dan menulis informasi
Memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan magnetic disk

VIII. Proses
Komputer yang menjalankan program interaktif dapat memproses 10 juta instruksi / detik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan pemrosesan sistem  interaktif :
-         komputasi
-         saluran penyimpanan
kecepatan akses memori dapat berpengaruh terhadap sistem interaksi. Semakin banyak dilakukan komputasi dan proses ditangani oleh memori maka dimungkinkan untuk mengatur penggunaan memori dan kecepatan.
-         grafik
-         kapasitas jaringan


Sumber : 
    Johnson, P , HUMAN-COMPUTER INTERACTION :Psychology, Task Analysis and Software Engineering, McGraw-Hill, England UK, 1992


Nama Kelompok :

Agus Kistiyantoro           / 672009266
Besta Andre Adhipurusa / 672011218
Febrian Hendro              / 672011240
Vito Ivan Irawan             / 672011250








Tidak ada komentar:

Posting Komentar