Pengertian
Interaksi manusia dan komputer (bahasa
Inggris: human–computer
interaction, HCI) adalah ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia
dan komputer
yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi yang semuanyaitu
bertujuan untuk memudahkan komputer digunakan oleh manusia.
Sedangkan interaksi manusia dan
komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan
oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir
yang diharapkan.
Media antarmuka manusia dan komputer
- Media Tekstual
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer
yang hanya berisi teks dan kurang menarik.Salah satu contoh antarmuka manusia
dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
- Media GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang
berbentuk grafis dan sangat atraktif.Contoh antarmuka manusia dan komputer yang
berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).
Tujuan interaksi manusia
dengan komputer
- Tujuan
utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan
berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem
komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem
komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly)
- Sebagai
contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang
tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan.Atau keyboard yang
digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah
untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan
mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih
cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Manusia, Komputer dan Interaksi
MANUSIA
Manusia memiliki keterbatasan dalam memproses informasi dan hal ini
mempunyai implikasi pada desain.
1. Informasi diterima dan direspon
melalui sejumlah saluran input dan output
- Saluran
Visual (visual channel)
- Saluran
Pendengaran (auditory channel)
- Saluran
Peraba (haptic channel)
- Pergerakan
(movement)
2. Informasi disimpan pada memory
- Memory
Sensor
- Memory
Jangka Pendek
- Memory
Jangka Panjang
3. Informasi diproses dan diaplikasikan
- Penalaran
- Pemecahan
masalah
- Skill
acquisition
- Kesalahan
KOMPUTER
Sistem komputer terdiri dari berbagai macam elemen, yang masing-masing
memiliki pengaruh terhadap user. Peralatan input untuk penggunaan secara
interaktif memungkinkan user untuk memasukkan teks, menggambar, dan memilih
obyek pada layar.
- Text entry : keyboard, speech, handwriting.
- Pointing : secara umum adalah mouse.
Peralatan output untuk penggunaan secara interaktif secara umum adalah
beberapa jenis layar serta output dengan suara.
Output dan input dalam bentuk kertas : paperless office dan less-paperless
office.
Memory
- Memory
jangka pendek : RAM
- Memory
jangka panjang : magnetic dan optical disk
- Keterbatasan
kapasitas penyimpanan dokumen dan video
- Metode
akses yang membatasi dan membantu user
Proses
- Effek dari
sistem yang berjalan cepat dan lambat
- Keterbatasan
kecepatan pemrosesan
- Jaringan
dan pengaruhnya terhadap kinerja sistem
INTERAKSI
Model interaksi membantu kita untuk memahami apa yang terjadi pada
interaksi antar user dan sistem. Model mengakomodasi apa yang diinginkan user
dan yang dilakukan sistem.
Kesimpulan dan Inti
Interaksi manusia dan komputer pada dasarnya adalah untuk memudahkan
manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang
ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Artinya sistem
tersebut dapat berfungsi dengan baik bisa untuk mengembangkan dan
meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability),
efektifitas (efectiveness) dan efisiensi (eficiency)
Dennis Oktavianus – 672011008
Eric Oktavianus - 672011004
Stefanus Yerian – 672011013
Wimpie - 672011102
Agung - 672011211
Tidak ada komentar:
Posting Komentar