A. Model model Interaksi
Model interaksi membantu kita untuk memahami apa yang
terjadi pada interaksi antar pengguna (user) dan system. Model mengakomodasi
apa yang diinginkan pengguna (user) dan yang dilakukan system. Terdapat
beberapa model system interaksi yang berpengaruh pada system interaksi manusia
dan komputer yang pada umumnya yaitu :
1.
Model Konsep
Suatu model yang menerangkan tentang
sistem yang dicadangkan dalam bentuk idea dan konsep berkenaan dengan keupayaan
sistem, bagaimana perlakuan sistem, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan
sistem dalam bentuk yang boleh dipahami oleh pengguna seperti yang diinginkan.
Contoh Model Konsep
Mesin perakam video (VCR)
·
Tekan tombol
‘REC’ untuk merrkam rancangan
·
Tekan tombol ‘STOP’ untuk menghentikan sembarang
aktivitas
·
Tekan tombol ‘PLAY’ untuk menjalankan rekaman diperlukan
pemberian arahan tertentu (dengan menekan tombol yang sesuai) untuk meminta
mesin melakukan aktivitas yang diinginkan
Kategori dari
model konsep yaitu :
·
berdasarkan aktivitas yaitu suatu sistem yang melakukan
aktivitas setelah diberikan instruksi.
·
berdasarkan objek yaitu suatu sistem yang menggunakan
objek tertentu untuk menggambarkan sifat sistem dan bagaimana cara
menggunakannya.
2.
Model Matematika
Model matematika untuk tujuan tertentu pada sistem interaktif, digunakan
untuk menjelaskan properti kegunaan pada level umum.
3.
Formal model PIE
Formal model PIE digunakan untuk mengekspresikan properti interkatif umum
untuk mendukung tingkat kegunaan.
4.
Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV)
Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV) digunakan untuk
memotivasi pemisahan dan modularisasi fungsionalitas dan presentasi.
5.
Semi-formal analisis status event
Semi-formal analisis status event digunakan untuk melihat potongan suatu
sistem interaktif yang terentang pada beberapa layer.
6.
Mental model
Pemakai (user) dapat dikatakan sudah memiliki model mental terhadap
system apabila ia telah memahami bagaimana system itu bekerja, apa saja
komponen system tersebut, bagaimana hubungan, apa saja proses-proses
internalnya, dan bagaimana operasi internal tersebut mempengaruhi
komponen-komponennya.
èTipe interaksi
1. Commann Line Interface
Model interaksi ini dianggap ketingggalan jaman dan termasuk salah satu
model interaksi tersulit bagi para pengguna pemula. Contoh : Linux, Unix, Dos
2. Menu
Bagi para pemula model interaksi ini lebih mudah digunakan, karena
strukturnya lebih jelas dan letak yang mudah dikenali, kelemahan dari model ini
adalah keterbatasan pilihan bagi para pengguna. Contoh : aplikasi pada windows
dan sistem operasi lainnya atau pada linux OS
3. Natural Language
Model interaksi ini menekankan perintah dari pengguna kepada sistem
dengan menggunakan bahasa “sehari hari”
Contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti
Pascal, Cobol, RPG, ADA, C, C++.
4. Question
Model interaksi ini lebih bersifat memerintahkan user untuk memilih
jawaban yang sudah disediakan.
Contoh : mysql, dbase interaktif, dll.
5. Form Fills and Spreadsheets
model interaksi ini dianggap paling mendasar dalam pembentukan sebuah
sistem yang mengandalkan basis data.
contoh : excel, lotus, openoffice spreadsheet.
6. WIMP (Windows Icon Menu Pointer)
model interaksi yang saat ini banyak digunakan oleh
sistem operasi.
B. Ergonomik
Ergonomika atau
(kurang tepat) ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia
dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktekkan
teori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem
agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.
Ergonomi berasal
dari dua kata bahasa Yunani: ergon dan nomos: ergon berarti kerja, dan nomos
berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Pendapat lain diungkapkan oleh
Sutalaksana (1979):
ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari
manusia sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik
maupun nirfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang
suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien
.
KONTEKS
IMK dalam
konteks kerja dan tugas user melibatkan
-Desain
-Implementasi
-Evaluasi
NAMA KELOMPOK :
Ary Kurniawan - 672011257
Aldrien wattimena - 672011156
Wenneven reyand paath - 672011172
Bagas prakoso widodo - 672011199
Tidak ada komentar:
Posting Komentar